Selasa, 09 April 2013

PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN



PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

1.  Pengertian kepribadian
     Pengertian kepribadian menurut para ahli :
a. Allport. Kepribadian adalah organisasi yang dinamis, dari sistem psikofisik dalam individu yang turut menentukan cara-cara yang unik (khas) dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya.
b. Th. M. Newcomb. Kepribadian adalah merupakan organisasi sikap-sikap yang dimiliki seorang sebagai latar belakang terhadap kepribadian.
c. Roucek and Warren. Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis dan sosiologis yang mendasari perilaku individu.
d. Cuber. Kepribadian adalah sebagai gabungan keseluruhan dari ciri-ciri (sifai-sifat) yang tampak dan dapat dilihat pada seseorang.

2.   Faktor Pembentukan Kepribadian
    Proses pembentukan kepribadian melalui proses sosialisasi dapat dibedakan sebagai berikut :
a.    Proses sosialisasi yang dikerjakan tanpa sengaja lewat interaksi sosial dimana individu menyaksikan pola-pola perilaku dari orang-orang yang ada di sekitarnya.
b.    Proses sosialisasi yang dikerjakan secara sengaja lewat proses pendidikan dan pengajaran oleh para pendidik yang mewakili masyarakat.

3.   Faktor Sosialisasi yang Mempengaruhi Kepribadian
a. Warisan Biologis (faktor keturunan)
     Warisan biologis berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. Perbedaan pada setiap individu dapat berpengaruh pada kepribadian setiap orang.
b. Lingkungan alam atau geografis
Lingkungan geografis atau alam yang berbeda akan membentuk kepribadian setiap individu juga berbeda. Lingkungan alam atau geografis menuntut kepada individu untuk berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan alam tempat dimana ia tinggal. Kepribadian seorang nelayan sudah pasti akan sangat berbeda dengan kepribadian seorang petani.
c. Lingkungan kebudayaan
                       Setiap lingkungan kebudayaan memiliki pembatasan atau pengaturan tingkah laku untuk anggota-anggota masyarakat. Dengan demikian setiap lingkungan kebudayaan mengharuskan masyarakat untuk memilih atau menentukan kepribadian sesuai dengan kehidupan yang ada dalam lingkungan sekitarnya. Seorang yang berasal dari lingkungan Jawa akan berbeda dengan mereka yang berasal dari lingkungan Batak.
d. Lingkungan sosial
Pengaruh dari lingkungan sosial terkait dengan lingkungan kebudayaan, namun hal ini dibedakan terhadap individu-individu yang membawakannya. Seorang yang tinggal di lingkungan Jawa akan terkait erat dengan kelompok mana ia tinggal, apakah kaum di lingkungan Jawa atau rakyat kebanyakan.
Faktor-faktor di atas dimiliki secara berbeda-beda oleh setiap orang. Sifat khas dari masing-masing faktor itulah yang mengakibatkan terjadinya proses sosialisasi yang berbeda-beda caranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar